About Mikrotik

Nama Mikrotik berasal dari kata Mikrotikls yang merupakan bahasa asli dari daerah Riga, Latvia (berseberangan dengan Rusia), mikrotikls berarti jaringan kecil, yang digunakan oleh John Trully dan Arnis Riekstins untuk menjadi sebuah nama perusahaannya. John Trully adalah seorang berkewarganegaraan Amerika yang berimigrasi ke Latvia, dan pada tahun 1995 bertemu dengan Arnis Riekstins, Seorang sarjana Fisika dan Mekanik, keduanya memiliki visi untuk me-routing seluruh dunia. Sehingga pada tahun 1996 mereka mendirikan perusahaan:

Company Name:SIA Mikrotīkls
Web Site:www.mikrotik.com
Sales e-mail:[email protected]
Technical Support:[email protected]
Phone (International):+371-6-7317700, Fax : +371-6-7317701
Office Address:Brivibas gatve 214i, Riga, LV-1039 LATVIA
Registered Address:Aizkraukles iela 23, Riga, LV-1006 LATVIA
Founder:Arnis Riekstins & John Trully
   

Pada awalnya perusahaan Mikrotik hanya menjual aplikasi router, yaitu RouterOS. Tetapi seiring dengan perkembangan perusahaan, kemudian juga menjual hardware (RouterBOARD) jaringan yang menggunakan aplikasi RouterOS.

Perkembangannya dimulai tahun 1996 John sebagai Chief Executive Officer (CEO) dan Arnis sebagai Chief Technical Officer (CTO) menggunakan sistem operasi Linux dan MS-DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless-LAN (WLAN) Aeronet berkecepatan 2 Mbps di Moldova, negara tetangga Latvia, baru kemudian melayani lima pelanggan lainya di Latvia. Prinsip dasar mereka bukan membuat Wireless ISP (W-ISP / sistem ISP nirkabel), tetapi membuat program router yang handal dan dapat digunakan dan dijalankan diseluruh dunia. Latvia hanya merupakan tempat eksperimen John dan Arnis, karena saat ini mereka sudah membantu negara-negara lain termasuk Srilanka. Linux yang pertama kali digunakan adalah Linux versi kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5 sampai dengan 15 orang staff Research and Development (R&D), dibantu dengan tenaga-tenaga lepas dan tenaga-tenaga pihak ketiga yang akhirnya sekarang Mikrotik menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Sejak tahun 1997 membuat sistem peranti lunak (RouterOS) yang menyediakan sistem routing lengkap, stabilitas, kontrol, dan fleksibilitas yang luas untuk semua jenis antarmuka, masih menggunakan perangkat keras Personal Computer (PC) standar industri, namun mulai tahun 2002 Mikrotik mulai membuat perangkat keras sendiri pengganti PC yang disebut dengan RouterBOARD.

Suyud Widiono

Network Engineer, Programmer, Data Center Support, Lecturer & Trainer Mikrotik Academy Universitas Teknologi Yogyakarta.